Berapakah Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal Sesuai Usia ?

Banyak orang yang sering bertanya tanya berapakah tekanan darah normal saat mereka melakukan tes tekanan darah. Banyak sekali orang indonesia yang masih belum mengerti tentang tekanan darah. Padahal, jika hal ini di sepelekan, tekanan darah akan membawa penyakit yang serius dan membahayakan tubuh anda.
Mungkin beberapa dari anda belum pernah melakukan tes tekanan darah sehingga anda belum tahu berapakah tekanan darah anda saat ini.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan apa pentingnya tekanan darah bagi tubuh kita dan berapakah tekanan darah normal yang harus kita jaga agar kita terhindar dari segala penyakit mematikan.

Tes Tekanan Darah

Mungkin beberapa orang telah melakukan tes tekanan darah pada dokter di klinik ataupun rumah sakit. Saat dokter membacakan hasil tes, dokter selalu mengatakan Bapak / Ibu memiliki tekanan darah 120 per 80, tekanan darah anda normal Apakah anda berpikir bahwa kenapa angka sekian itu menunjukan bahwa tekanan darah anda normal ? apakah anda mengerti maksud dari angka 120 per 80 itu ?


Memahami Hasil Analisis Tes Tekanan darah

Pada ilustrasi di atas tekanan darah 120 per 80 bisa dibaca 120 / 80 . Angka ini menunjukan tekanan darah anda. Angka 120 menunjukan tekanan darah saat melakukan Sistole (Pemompaan Darah dari jantung ke seluruh tubuh), dan angka 80 menunjukan tekanan darah saat melakukan Diastole (Pemompaan darah Dari seluruh tubuh kembali ke jantung).
Pada Manusia umumnya, tekanan darah Sistole yang normal adalah kurang dari atau samadengan 120 mmHg . Jika lebih dari itu, anda bisa divonis mengalami PreHipertensi atau Hipertensi.
untuk tekanan darah Diastole yang normal adalah Kurang dari atau samadengan 80 mmHg
Banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya tekanan darah seseorang mulai dari :
  • Aktivitas
  • Umur
  • Kesehatan jantung
  • Lemak dalam darah
  • Psikis
  • Dll

Tabel Tekanan darah Normal dan Tidak Normal

Untuk Memudahkan anda mengingat Tekanan darah yang normal, Saya membagikan sebuah tabel yang mudah anda mengerti dan diingat. tabel dibawah menunjukan tekanan darah seseorang bisa dianggap normal atau tidak normal

Tekanan darah Normal Menurut Usia

0 Response to "Berapakah Tekanan Darah Normal dan Tidak Normal Sesuai Usia ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel